Kamis, 12 Juli 2018

cara menggunakan account ssh pada bitvise

yang baru di dunia linux dan server, anda pasti akan mendengar istilah tentang ssh, oleh karena itu sekarang saya membuat artikel tentang cara menggunakan account ssh pada bitvise. saya akan sedikit menjelaskan kegunaan dari ssh.
Cara Menggunakan Bitvise Tunnelier SSH Client

pengertian ssh secara umum

ssh (secure shell) adalah salah satu protokol jaringan komputer yang di gunakan untuk bertukar data pada saluran aman antara dua perangkat jaringan. fungsi utama dari ssh adalah untuk  mengenkripsi pertukaran data antara client dan server sehingga data yang di transfer antar perangkat jaringan lebih terjaga dan data menjadi aman.
dan itu lah gambaran umum tentang ssh yang wajib anda ketahui, dan setelah anda tau sekarang saya akan mulai ke inti utama dari artikel yaitu bagaimana cara menggunakan ssh account dan cara setting nya pada software ssh client.

cara setting software ssh client

sebelum memulai praktek ada 2 bahan yang harus di siapkan terlebih dahulu, yaitu :
  1. bitvise ssh server atau client, yang bisa anda download di situs resminya disini.
  2. account ssh, yang pastinya anda sudah punya akun ssh nya.
setelah anda menyiapkan account ssh premium nya. dan anda sudah mendownload software ssh client nya, berarti anda tinggal ikuti saja langkah – langkah awal untuk login ke ssh server anda.
  • pertama anda buka bitvise nya.
  • lalu anda isi host ssh, port ssh, username dan password nya. untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar 
cara menggunakan account ssh pada bitvise
  • setelah anda isi dengan lengkap baru anda klik tombol login
  • dan jika tombol login berubah menjadi tombol logout berarti anda telah berhasil konek dengan ssh server.
sekian untuk penggunaan account ssh di software bitvise tunnelier.
ssh bisa anda gunakan untuk dua kebutuhan, yaitu
  1. untuk mengontrol server jarak jauh menggunakan terminal nya linux secara aman dan tereksripsi.
  2. atau anda bisa gunakan fasilitas ssh untuk tunneling, agar ip anda tidak terlacak orang ketika anda sedang browsing, sehingga anda akan berinternet dengan aman.
dari kedua hal itu, apakah anda sudah tau untuk apa anda menggunakan ssh ?
ok untuk lebih jelasnya saya akan bahas keduanya. agar anda lebih berwawasan dan lebih paham kegunaan dari ssh.
 
menggunakan ssh untuk mengelola server

yang pertama ialah bagaimana cara menggunakan ssh untuk mengelola server yang anda punya, caranya cukup mudah. jika anda sudah menginstall openssh di sisi server berarti anda sudah punya akun root untuk mengakses server melalui terminal oleh bantuan software ssh client seperti puty atau bitvise.
aplikasi ssh client yang saya suka adalah bitvise, karena aplikasi ini menurut saya simple penggunaanya dan menu nya lebih mudah di banding dengan putty, oleh karena itu hampir setiap hari saya menggunakan aplikasi itu.
aplikasi bitvise bisa mengelola server anda melalui fasilitas terminal dan sftp nya. untuk cara menggunakan sftp pada bitvise saya sudah terangkan secara detail dengan bantuan gambar di artikel tutorial bitvise untuk tunneling dan manage vps server anda bisa kunjungi dan baca bagian akhirnya.
 
setting ssh untuk tunneling

ssh tunnel adalah dimana anda memanfaatkan koneksi antara client dan server untuk memenuhi kebutuhan internet di komputer client secara aman. karena anda menggunakan ip ssh server untuk mengunjungi situs web atau web domain dengan cara memforward port ssh client dan di terapkan pada aplikasi forward port seperti proxyfier atau langsung di pasang pada browser anda sebagai sock proxy.

sekian artikel dari saya tentang cara menggunakan account ssh pada bitvise. maaf jika masih ada kekurangan karena saya kadang suka lupa untuk menjelaskan nya, oleh karena itu jika anda masih ada yang kurang mengerti anda bisa lampirkan pertanyaan anda pada kolom komentar di bawah yang telah saya sediakan dan saya akan sangat senang sekali untuk menjawab pertanyaan anda tentang setting ssh ini.
terima kasih, semoga bermanfaat untuk di baca. dan jangan lupa untuk share atau like jika artikel ini bermanfaat untuk anda.


About Author

Arhy Blackunix
Arhy Blackunix

Author & Editor

Saya hanyalah orang yang suka membaca dan suka mempelajari yang hal-hal baru.

0 komentar:

Posting Komentar